Langsung ke konten utama

Review Rintik Stretch Mark Oil untuk Mengatasi Selulit dan Stretch Mark

Sering dikira sama, ternyata selulit dan stretch mark memiliki kondisi yang sangat berbeda. Keduanya, baik selulit ataupun stretch mark, bukanlah masalah yang harus dikhawatirkan. Akan tetapi tidak juga untuk diabaikan, karena selulit dan stretch mark tidak memiliki efek berbahaya pada tubuh. Namun, keberadaan kedua masalah kulit ini cukup menurunkan kepercayaan diri dan kecantikan kulit, terutama bagi kaum hawa.


Saat ini, kebanyakan dari kaum hawa hanya berfokus pada perawatan kulit wajah.  Dan tak jarang mengabaikan masalah kulit yang muncul pada area tubuh lain seperti : payudara, perut bagian bawah, lengan bagian atas, bokong, pangkal paha dan area tubuh lainnya.

Perbedaan Selulit dan Stretch Mark


Jika dilihat sepintas kedua masalah kulit ini terlihat sama, tetapi jika diperhatikan dengan seksama, selulit dan stretch mark memiliki perbedaan pada bentuk, penyebab, dan letaknya. Lantas, apakah cara mengatasinya juga berbeda?


Selulit

Ilustrasi selulit(Artem_Furman)


Selulit adalah kondisi dimana kulit memiliki gumpalan-gumpalan yang biasanya muncul di perut, bokong dan paha. Gumpalan tersebut disebabkan oleh penumpukan sel lemak pada jaringan ikat vertikal atau jaringan fibrosa yang ada di bawah epidermis. Singkatnya, selulit dapat mengubah tekstur kulit asli tanpa mengubah warna kulit.


Hal inilah yang menyebabkan seringkali diantara kita sulit membedakan selulit dengan stretch mark. Bahkan, Aku sendiri sebelum menulis artikel ini memiliki anggapan gumpalan-gumpalan yang berbentuk garis pada area pangkal paha ku  adalah stretch mark. 


Stretch Mark

            Ilustrasi stretch mark (Shutterstock/Yanya)


Berbeda dengan selulit, stretch marks biasanya terlihat seperti garis atau coretan yang melintasi permukaan kulit. Masalah kulit satu ini sering sekali dialami perempuan usai melahirkan. Kondisi ini biasanya mulai muncul akibat kulit yang meregang dan saat ukuran perut ibu semakin membesar. Selain itu, risiko mengalami stretch mark bisa semakin meningkat karena faktor perubahan hormon pada ibu hamil.


Stretch Mark adalah guratan kulit yang sering ditemukan pada wanita, terutama di bagian tubuh yang terkonsentrasi lemak, misalnya perut bagian atas, pantat, paha, lengan atas, dan payudara. Pada awalnya, guratan ini berwarna merah hingga keunguan. Seiring waktu, guratan ini akan memudar menyisakan warna putih atau kelabu.


Perlu dipahami, tidak hanya wanita hamil dan melahirkan yang akan memiliki guratan ini. Pada prinsipnya, baik pria maupun wanita bisa memiliki stretch mark. Hal ini dikarenakan kondisi kulit yang kekurangan kolagen. Guratan akan muncul saat tubuh berkembang lebih cepat dari elastisitas kulit.


Masa pubertas adalah periode waktu dimana tubuh bertumbuh dengan cepat. Masa ini juga merupakan masa yang rentan terbentuknya stretch mark. Di samping itu, kondisi medis tertentu, seperti mengidap sindroma Marfan atau Cushing, dan konsumsi obat-obatan kortikosteroid yang tidak tepat berpotensi meningkatkan potensi terbentuknya stretch mark.


Jadi, secara singkat dapat disimpulkan perbedaan selulit dan stretch mark sebagai berikut :

  • Selulit berbentuk bergelombang. Stretch mark berbentuk guratan.

  • Selulit tidak mengubah warna kulit. Stretch mark mengubah warna kulit.

  • Selulit dipengaruhi penumpukan lemak dan faktor genetik. Stretch mark oleh perubahan hormon dan melebarnya area kulit.

  • Selulit bisa muncul di mana pun. Stretch mark di perut, payudara, paha, lengan, dan bokong.


Cara Mengatasi Stretch Mark

Meski tidak berbahaya dan akan memudar seiring waktu, namun kehadiran stretch mark tentu akan membuat kita terganggu dan mengurangi tingkat kepercayaan diri karena dapat mengganggu penampilan. Berikut cara untuk mengatasinya :


  • Gunakan krim, lotion, atau gel untuk merawat stretch mark - efektif pada guratan yang berwarna merah hingga keunguan

  • Tindakan medis, seperti terapi laser, mikrodermabrasi, operasi kecantikan - setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit


Untuk mencegah terbentuknya stretch mark di kemudian hari, Anda dianjurkan menjaga berat badan tetap ideal, penuhi kebutuhan vitamin dan mineral (utamanya vitamin C, vitamin E), dan jaga kelembaban kulit dengan mengoleskan pelembab secara rutin setelah mandi.


Menariknya, saat ini sudah tersedia Rintik Stretch Mark Oil yang memiliki kandungan collagen dan stemcell infused yang diformulasikan dari USA, telah teruji secara klinis dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan stretch mark/ peregangan kulit sehingga kulit kembali halus dan mulus seperti sedia kala. 

Rintik Stretch Mark Oil



Bagi followers yang sudah lama mengikutiku di Instagram, tentu tidak asing lagi dengan brand satu ini, Rintik Skincare. Yup, sebelumnya Aku juga telah mencoba produk Shower Oil dari Rintik Skincare. Aku cukup amaze dengan brand lokal satu ini, dimana saat ini kebanyakan brand berbondong-bondong mengeluarkan skincare untuk wajah, namun mereka berani tampil berbeda dari yang lainnya. Jika teman-teman mampir ke higlight instagram Rintik Skincare maka kalian dapat melihat seluruh produk yang telah mereka keluarkan. Tidak hanya mengeluarkan produk-produk perawatan wajah, mereka juga mengeluarkan produk perawatan kulit tubuh lainnya. 


Bertemu dengan produk yang tepat tentu akan sangat menyenangkan, terutama bagi Aku yang sudah lama mencoba mengatasi selulit dan stretch mark pada area pangkal paha. Seperti pada kebanyakan wanita lainnya, selama ini Aku lebih concern untuk merawat kulit wajah. Keinginan untuk menghilangkan guratan putih pada tubuh, biasanya muncul sesekali saat bercermin sehabis mandi atau saat ingin berbikini ( misalnya ke Bali, hehe).


Mengapa Harus Pakai Rintik Stretch Mark Oil?


Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memudarkan stretch mark, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami maupun perawatan tertentu. Namun, kesibukan sehari-hari tentu membuat kita tidak memiliki banyak waktu untuk membuat sendiri racikan alami untuk mengatasi stretch mark. Demikian juga dengan perawatan tertentu yang bisa memakan banyak biaya. 


Rintik Stretch Mark Oil hadir untuk menjawab dan memberi solusi untuk masalah tersebut. Formula alaminya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen agar elastisitas kulit tetap terjaga serta dapat mencegah perubahan warna dan mengurangi rasa gatal pada area kulit yang mengalami peregangan. Selain juara dengan bahan utamanya, stretch mark oil dari Rintik Skincare ini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, di bawah seratus ribu aja, lho! (murah banget, kan?)


Berikut main ingredients Rintik Stretch Mark Oil yang membuat produk ini wajib dijadikan andalan untuk mengatasi stretch mark :



  • Collagen

Perpaduan formula alami dari rice bran, grapeseed, dan lemon extract kaya akan kandungan kolagen yang dapat merangsang pembentukan kolagen lebih cepat, membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit baru serta membuat permukaan kulit jadi lebih halus. 


  • Stem Cell Infused

Formula unik dari stem cell ini diperoleh dari tanaman apel langka yang berasal dari Swiss. Stem cell ini mampu merawat dan memperbaiki jaringan kulit, mengaktifkan regenerasi stem cell kulit dan meningkatkan vitalitas serta umur dari stem cell kulit.


  • Grapeseed Oil

Kaya akan antioksidan bernama proanthocyanidin, yang mampu meratakan warna kulit, jika digunakan secara konsisten dapat menstimulasi produksi kolagen sehingga kulit tetap lembab, halus dan kenyal.


  • Lemon Extract

Mengandung asam, vitamin c, dan antioksidan yang tinggi. Lemon dapat menjadi pencerah alami dan mampu menghancurkan kotoran dan sel kulit mati pada kulit.  


  • Rice Bran Oil

Kaya akan kandungan antioksidan, vitamin E dan Fatty acid (omega 3,6,9) yang bermanfaat untuk melembabkan,menghaluskan kulit sehingga kulit menjadi kencang dan dapat mencegah perubahan warna kulit.


  • Astragalus Root Extract

Mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi sel dari kerusakan serta merangsang pembentukan kolagen dan protein yang banyak ditemukan di kulit.


Packaging

Stretch mark oil ini dikemas dengan botol berukuran 90 ml dengan penutup berbentuk flip top yang bagian atasnya cukup dipencet ketika akan digunakan. Packagingnya terbilang travel friendly sehingga memudahkan untuk dibawa bepergian ( jadi tetap bisa melakukan perawatan stretch mark oil di mana pun).


Texture


Saat pertama kali melihat produk ini lewat di fyp tiktok, aku berpikir teksturnya akan sama dengan namanya, oily. Akan tetapi, pemikiran ini dipatahkan saat pertama kali aku apply di kulit. Agak kaget, ternyata tidak oily ataupun lengket seperti dugaanku. Menurutku, teksturnya lebih mirip essence atau water gel gitu dan sangat cepat menyerap ke kulit. Saat di apply terasa sangat ringan di kulit dan tidak greasy sama sekali, jadi sangat nyaman digunakan sehari-hari.


Cara penggunaan 

Oleskan Rintik Stretch Mark Oil secara merata pada area stretch mark seperti perut, payudara, pinggul dan paha hingga menyerap sempurna. Lakukan pijatan di area stretch mark dengan Gerakan lurus secara cepat selama 5-10 menit menggunakan telapak tangan atau alat pijat khusus stretch mark (fascia Roller). Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin 2x sehari setelah mandi atau di pagi hari dan malam hari. 



Melalui instagram resminya Rintik skincare aku dapat informasi jika mereka menyarankan teknik "Fascia treatment" untuk membantu memudarkan stretch mark hingga ke lapisan fascia kulit. Fascia Treatment adalah perawatan yang diadaptasi dari Teknologi Us dan telah terbukti dapat memudarkan stretchmark dengan alat pijat / roller.


Mengkombinasikan penggunaan Rintik Stretch Mark Oil dengan Fascia Roller secara rutin dan konsisten dapat memberikan hasil efektif 3x lebih cepat dan optimal untuk memudarkan stretchmark, meminimalisir selulit, memudarkan bekas luka, mengencangkan kulit, dan menghaluskan kulit.


Hasil Pemakaian Rintik Stretch Mark Oil

Setelah sekitar 10 hari pemakaian Stretch Mark Oil dari Rintik Skincare, produk ini telah menjadi holy grail ku untuk mengatasi masalah kulit stretch mark maupun selulit. Mengingat hingga saat ini Aku masih kesulitan untuk menjaga berat badan yang stabil. Guratan-guratan putih selalu muncul di area pangkal paha dan juga bokong, karena berat badanku yang kerap kali naik maupun turun secara drastis. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pola hidup dan diet yang aku jalani belakangan ini. 


Untuk pemakaian yang terbilang masih sangat sebentar, hasil yang diberikan Rintik Stretch Mark oil cukup membuatku amaze. Kulit paha dan bokong terasa lebih halus, selain itu penampakan garis putih pada kulit menjadi sangat samar dari sebelumnya. Asli deh, aku jadi semangat buat pakai rutin agar stretch mark ku bisa hilang total.


Dari review yang aku baca di Shopee Official Rintik Skincare, rata-rata yang sudah cobain mendapatkan hasil yang signifikan di pemakaian sekitar 3-4 minggu secara rutin dan konsisten. Hasil ini tergantung jenis kulit dan seberapa parah kondisi kulit.


Jika diminta untuk memberikan nilai, aku akan kasih 10/10 untuk produk Rintik Skincare kali ini. Rasanya cukup kesal baru tahu produk ini sekarang, andai dari kemarin-kemarin pasti pas liburan kemarin  bisa pede pakai bikini huhu. 


Bagi kamu yang punya masalah kulit yang sama kayak aku, kamu wajib banget untuk cobain stretch mark oil dari Rintik Skincare deh. Dan jika masih ragu atau takut lengket dan membuat tidak nyaman saat digunakan, tenang! Asli, ini nama produk sama teksturnya sama sekali nggak sama. Teksturnya nggak oily dan nggak lengket sama sekali, jadi nyaman digunakan di area tertutup sepanjang hari.


Oya, stretch mark oil ini sudah BPOM dan sangat aman digunakan bahkan oleh ibu hamil sejak trimester pertama hingga menyusui karena terbuat dari bahan-bahan alami, lho. Dan karena terbuat dari bahan alami, tentunya dibutuhkan pemakaian yang konsisten untuk hasil optimal. Ingat! Nggak ada yang instan gais, mie instan aja kudu dimasak dulu baru bisa dimakan, hehe.


Okay! Sekian review dari Aku, semoga bisa jadi bahan referensi kalian yang lagi cari produk untuk mengatasi stretch mark dan selulit. Jika ada produk lain yang kalian ingin Aku review, tulis di kolom komentar ya. See you ^^



INFORMASI SELENGKAPNYA


Instagram : @rintik.skincare

Tiktok : Tiktok

Where to Buy : Shopee

Website : www.rintik.co.id


FIND ME ON


Facebook : Ernita Ginting

Fan page : Ernita GST

Twitter : @ernitaaginting

Instagram : @ernitagst


Happy reading and thankyou 💕






Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] Possy Beauty Matte Lip Cream - Pride

Halloooo gorgeous ❤ Mami balik nih, mau ngeracun kalian lagi hihii. Jadi kali ini mami mau ngeracun Good Matte Lipstick Indonesia yang belakangan jadi lip matte yang selalu ada di tas mami. Baca juga :  Review Raiku Anti Aging Series Dan lip matte yang mau mami bahas kali ini adalah produk dari  Posy Beauty  yang bekerja sama dengan komunitas kecintaan mami  Girls Creation ID . Posy Beauty sendiri  telah hadir sejak September 2017 lalu. Dan mungkin beberapa diantara kalian masih asing dengan brand ini atau bahkan belum pernah mendengarnya, maka sebelum mami mereview produknya akan lebih baik jika mami cerita sedikit tentang brand lokal satu ini yaaa.. Tentang Posy Beauty Posy Beauty adalah lipstick matte Indonesia, yang dimana di didirikan oleh 2 perempuan muda Indonesia, Diandra Bernadin dan Amanda Neola. Dengan misi membuat Indonesia melalui Posy Beauty, kosmetik buatan lokal, Indonesia. Posy soft launching di website pada 11 September 2017. Dan pada Februari m

Fitur Baru SociaBuzz: Pesan Ucapan Personal dari Idola Favorit

Setiap orang pasti punya idola, entah itu artis, penyanyi, inspirator atau bahkan influencer ternama. Marimar juga tentunya punya idola, Vino G. Bastian. Yup, sampai sekarang pun Marimar masih mengidolakan pemeran Kasino Warkop Reborn ini, ketampananya tak lekang oleh waktu meski telah menjadi suami orang *eh 😂 Ketika kita memiliki idola tentunya rasa ingin bertemu tak akan mungkin terbendung, sayangnya keinginan tersebut sering kali hanya menjadi mimpi karena jarak dan banyak hal lainnya. Kita hanya bisa melihat mereka melalui layar kaca televisi atau pun media sosial. Actually, kemajuan teknologi saat ini telah banyak membantu kita untuk update informasi terbaru mengenai idola kita tersebut. Segalanya tersedia di media sosial, bahkan kaos bertuliskan nama atau foto idola sangat mudah ditemukan. Selain kaos, masih banyak lagi produk-produk berkaitan idola di jual di online shop yang memasarkan produknya di media sosial yang saat ini banyak digandrungi khalayak muda seperti insta

[Review] Raiku Beauty Anti Aging Series

Hi gorgeous, mami is back ❤ Jadi dikesempatan kali ini mami akan review produk Indonesia lagi yeaayyyy. Bangga dong sekarang kita sudah banyak mengeluarkan produk-produk kecantikan yang kualitasnya engga kalah sama produk luar. Dan hari ini produk yang akan mami review adalah Raiku Beauty  yang bekerja sama dengan komunitas beauty kecintaan mami Girls Creation ID . Produk  Raiku Beauty  aman tanpa kandungan paraben serta sudah memiliki   sertifikasi dari BPOM  dan juga  logo Halal MUI . Dan produknya sendiri terdiri dari  Cleansing Series, Brightening Series  dan juga   Anti Aging Series . Dan mami berkesempatan untuk mereview produk   Anti Aging Series  beserta   Cleansing Series. Mengingat umur mami yang sudah tidak muda lagi tapi belum tua ini, mami sangat butuh produk Skin care Anti Aging  dong yaa. Okayy mari kita mulai tanpa basa-basi lagi takut keburu basi mami tuhh :). Dan yang mau lihat cara mami gunain skin care Raiku Beauty bisa lihat  disini Raiku Cleansin